Tuesday, January 24, 2017

RASA YANG DISUKAI UNGGAS


MEMANFAATKAN SENSIFITAS PANCA INDRA UNGGAS

Oleh : Hanny Widjaja dan Reza Haerudin (Alltech Biotecnology Indonesia)

Mata-penglihatan
Ayam mempunyai 2 buah bola mata. Volume relatif matanya sangat besar bila dibandingkan dengan volume otaknya. Kedua bola matanya mempunyai sensitifitas terhadap warna. Karena itu ayam sanggup membedakan warna dengan tingkat kepekaan yang berbeda- beda. Di antara warna yang ada, ayam mempunyai kepekaan yang paling baik terhadap warna hijau, biru dan kuning dan merah (Donald , 2001). Anak ayam sangat tertarik pada warna kuning, merah, benda kecil bulat , gilig, dan bergerak. Pada ayam broiler warna merah dan kuning dapat meningkatkan aktivitas ayam sedangkan warna biru dan hijau sebaliknya (Henk, 2001).

Bila ayam broiler diberi cahaya berwarna merah aktivitas berdiri, berjalan, makan dan minum akan meningkat. Selain itu ayam juga akan sering mematuk, mengais liter/sekam dan membentangkan sayapnya. Pada dasarnya, warna merah akan meningkatkan agresivitas dari ayam. Sehingga warna merah sangat disarankan untuk periode brooding, di dua minggu pertama kehidupan. Dengan warna merah aktivitas ayam akan terpacu, efeknya feed intake terpenuhi.
Sebaliknya, warna biru dan hijau akan mengontrol aktivitas ayam broiler agar tidak berlebihan. Dalam kondisi yang ?lebih tenang? ini warna biru dan hijau akan menggertak sintesa protein dan memberikan kesempatan pada ayam untuk melakukan proliferasi atau perbanyakan dari serabut-serabut otot. Pada keadaan ini energi untuk maintenance ( pemeliharaan ) dapat ditekan dan dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan. Bila ingin dibandingkan lebih teliti lagi, ternyata warna hijau lebih baik dibandingkan dengan biru dalam memacu deposit protein menjadi daging (Israel, 1999). Sehingga warna hijau menjadi warna ?favorit? ayam dari masa lepas brooding sampai dengan panen.
Telinga-pendengaran
Bila dibandingkan dengan hewan bertulang belakang yang bukan mamalia, ayam mempunyai pendengaran yang paling sensitif. Meskipun pendengaran ayam pada umumnya terbatas hingga 10 Khz, tetapi beberapa jenis ayam dapat mendengar suara infrasonik ( Whittow, 2000).
Ayam sudah dapat mendengar sejak menetas. Mempunyai memori terhadap suara hingga umur 4 hari, anak ayam dapat membedakan suara ayam betina yang merupakan induknya sendiri atau bukan induknya. Beberapa praktisi menyebutkan, ayam broiler yang diperdengarkan musik dangdut mempunyai FCR yang lebih baik, sedangkan ayam layer yang diperdengarkan musik klasik menghasilkan lebih banyak telur.

Hidung-penciuman
Hidung ayam mempunyai kepekaan pada bau. Di alam bebas, ayam mempunyai memori yang sangat kuat terhadap bau induk, sarang atau pasangan hidupnya. Ayam juga mempunyai kepekaan terhadap bau bawang putih misalnya, atau bau zat kimia yang merangsang seperti benzaldehyde, heptane, butanethiol cyclorhexane, dan ethylbutyrate
( Whittow, 2000)

Lidah-pengecap rasa
Ayam mempunyai 24 titik rasa (taste buds) sehingga dapat membedakan beberapa macam rasa. Titik rasa ini tersebar terutama pada permukaan bawah bagian belakang lidah, dan daerah pharynx. Pada ayam dewasa jumlah titik rasa hampir 2 kali lipat DOC. Kepekaan terhadap rasa akan menurun pada ayam yang mengalami defisiensi vitamin A dan mineral Zn.
Ayam menyukai rasa manis, tetapi menolak rasa yang terlalu asin. Ayam juga cukup toleran terhadap suasana asam lemah dan basa lemah, meskipun beberapa spesies lebih menyukai air yang agak asam dibandingkan air ledeng yang terlalu basa. Bahkan ada anggota bangsa burung yang suka makan buah-buahan mentah yang rasanya asam dan sangat kecut.
Terhadap rasa pahit, bangsa ayam memberikan respon yang berbeda. Beberapa bangsa ayam tidak dapat merasakan pahitnya senyawa phenolic yang berasal dari sejenis tanaman liar, tetapi kelompok lainnya berespon dengan rasa pahit yang berasal dari tannin.

Kata kunci : rasa, ayam, unggas, burung, hewan, pakan,manis, pahit, asin,

ABDI LESTARIE
085743160081
KALIWUNGU KAB. KENDAL

1 comment:

Creator video said...

Artikel nya bagus banget.... Jarang ada bisa menjelaskan ini semua
Makasih pencerahan